Pernah memiliki data raster yang memiliki rentang nilai negatif dan ingin disingkirkan?

Saya ingin membagikan sedikit kasus yang saya alami dengan data raster. Pada kasus ini saya sedang mengerjakan citra Landsat 8 untuk membuat nilai indeks kedalaman dengan Algoritma Stumpf et al. (2003). Rujukan mengenai pendugaan kedalaman Stumpf dengan Landsat 8 bisa di unduh disini.

Saya melakukan beberapa rasio kanal untuk mendapatkan nilai indeks kedalaman (bukan kedalaman absolut) nilai indeks kedalaman ini lah yang nantinya akan digunakan untuk membangun algoritma empiris untuk meng-ekstrak informasi kedalaman absolut dengan menggunakan citra Satelit.

Untuk kasus yang saya hadapi, setelah saya melakukan rasio kanal dan ingin membangun model algoritma empiris, saya mendapati bahwa data raster hasil rasio memiliki nilai negatif pada piksel-nya dan nilai negatif tersebut merepresentasikan bahwa nilai tersebut bukan nilai kedalaman melainkan nilai ketinggian (mengacu pada daratan atau gosong).

Nilai negatif (Transform window ER Mapper 7.0)

Sedangkan untuk membangun algoritma kedalaman absolut nilai tersebut tidak relevan.

Saya mencoba beberapa hal, dengan menggunakan Global Mapper untuk menghilangkan nilai negatif, akan tertapi terjadi kendala dalam mengekstrak format data menjadi .ers kembali agar bisa dibuka kembali di Er Mapper 7.0.

Saya akhirnya menggunakan algoritma pada Formula editor dengan asumsi bahwa kita ingin menghilangkan nilai yang kurang dari 0 atau negatif. Dengan algoritma:

Algoritma di atas bermaksud untuk menghilangkan nilai piksel dibawah nilai 0 menjadi null kemudian akan membiarkan piksel yang lain dengan nilai di atas 0.

Formula editor

Maka setelah file disimpan kembali dengan format .ers dan tipe data IEE4ByteReal maka nilai selain nilai dibawah 0 akan disimpan kembali.

Raster dengan nilai dibawah 0 atau negatif

 

Piksel dengan nilai dibawah 0 atau negatif menjadi (null)

Baru setelah itu saya bisa membangun algoritma empiris dengan menggunakan data kedalaman hasil pengukuran di lapangan menjadi nilai kedalaman absolut.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan mohon masukkan untuk memperbaiki kesalahan ini. Terima kasih.