Di pagi hari, saya terbiasa membuka sebuah portal berita asing untuk membaca berita internasional melalui browser Google Chrome. Akan tetapi hal yang tidak biasanya terjadi. Kemungkinan karena ada beberapa update dari Microsoft untuk driver hardware VGA saya, dan menyebabkan Google Chrome yang saya setting menggunakan Hardware Acceleration terasa melambat saat saya membuka programnya.

Sebelum mengetahui hal tersebut saya tidak menyadari bahwa ada yang salah dengan driver VGA saya, akan tetapi saya justru menyalahkan peramban buatan Google itu karena lamban saat dibuka. Untuk kasus paling parah adalah sistem Windows 10 saya menjadi unrespond dan harddisk menjadi iddle padahal aktifitas prosesor sedang stagnan di 100%.

Beberapa informasi menyarankan saya untuk menginstall ulang peramban Google tersebut. Dan mengurangi penggunaan add-ons. Saya mengikuti saran tersebut dan memang terjadi perubahan, sistem Windows tidak lagi unrespond dan menunjukkan aktifitas yang biasa dengan HDD R/W  terbaca 100% di taskmanager.

Hal itu tidak berlangsung lama, hingga 2 hari kemudian saya ingin menggunakan peramban Google tersebut untuk meng-update blog saya ini. Dan saya menemukan bahwa peramban Google ini kembali berulah. “Chrome Tab Not Responding”, beberapa kali muncul pop up seperti itu untuk menghentikan Chrome membuka New Tab. Padahal saya belum mengetikan URL apa-apa pada peramban itu. Add-ons pun hanya tiga yang aktif, Adblock Plus, IDM dan MEGA.

Lantas saya mencoba membuka peramban bawaan Microsoft yaitu Edge. Dari Edge justru saya menemukan salah satu alternatif untuk mengendalikan ulah peramban Google tersebut dan mengetahui ada yang salah dengan driver VGA NVIDIA saya.

Kemudian saya paksa komputer saya untuk membuka Google Chrome. Kemudian muncul pop up page not responding pada new tab namun saya pilih Wait agar tab tersebut ter load. Kemudian saya membuka Setting Google Chrome chrome://settings/ kemudian pilih “Show advanced settings…” kemudian pada bagian bahwa halaman di bagian System uncheck “Use hardware acceleration when available”. Voilaaa..

Google Chrome settings.

Saya tutup Google Chrome dan memastikan tidak ada proses Google Chrome yang berjalan di Task Manager. Kemudian saya buka kembali Google Chrome. Jebreetttt… hanya sepersekian detik Google Chrome tidak membuat ulah apapun dan yang saya rasakan adalah Google Chrome saya menjadi lebih enteng dari sebelumnya. Efek yang timbul lebih lanjut memang belum saya temukan, akan tetapi akan saya update kembali apabila saya menemuka komplikasi dari setting tersebut pada post ini.

Semoga informasi ini berguna.