Notice: Terdapat gambar dengan resolusi tinggi berformat PNG yang mungkin bisa menghabiskan bandwidth internet kamu. Klik gambar untuk memperbesar gambar.

Salah satu metode dalam pengolahan citra penginderaan jauh pasif yang paling penting adalah masking. Dalam kajian penginderaan jauh kelautan, biasanya masking dilakukan antara nilai piksel untuk daratan dengan nilai lautan yang menjadi daerah kajian.

Dalam posting kali ini saya mau berbagi sedikit mengenai metode masking antara laut dan daratan dengan menggunakan citra Landsat 8. Kanal yang saya gunakan untuk masking adalah kanal inframerah dekat. Kenapa kanal inframerah dekat? Karena kanal inframerah pada panjang gelombang 851 – 879 nm apabila terkena perairan dan dipantulkan kembali ke sensor akan menyebabkan warna gelap atau hitam karena nilai yang di dapatkan sangat kecil disebabkan oleh hilangnya energi pada panjang gelombang inframerah dekat habis diserap oleh molekul air. Kemudian apabila gelombang inframerah dekat mengenai objek pada daratan masih menyisakan sejumlah energi gelombang elektromagnetik sehingga pada daratan pantulan dari inframerah dekat akan menyebabkan area darat memiliki warna yang cerah.

Gambar 1. Profil Remote Sensing Reflectances pada kanal Inframerah dekat

Pada gambar 1 dapat dilihat dari kurva traverse (jendela bagian kanan atas) pada line yang saya buat pada melintang dari laut hingga darat pada citra kanal inframerah dekat (NIR) (jendela bagian kiri atas) dengan membandingkannya pada citra RGB (jendela bagian kiri bawah). Kurva tersebut me-representasikan nilai reflektan pada kanal NIR di lautan habis terserap molekul air dan masih terdapat nilai pada daratan.

Pada metode kali ini, saya akan menggunakan kanal NIR pada data remote sensing reflectances (Rrs) untuk menghilangkan daratan menjadi NULL sehingga data Rrs pada masing-masing kanal bisa digunakan untuk kajian selanjutnya seperti kajian kandungan MPT dan Kedalaman. Dengan menggunakan software ER Mapper 7.0 saya mencoba me-masking daratan dengan nilai rasio setiap kanal dengan kanal NIR. Pertama saya mencoba merasiokan kanal Biru dengan NIR dan mencari batas nilai antara darat dengan laut.

Langkah pertama untuk mencari batas nilai dari rasio kanal Biru dengan NIR, masukkan formula rasio dengan membagi antara kanal Biru dan NIR. Kemudian pada jendela Algorithm lakukan Refresh Images with 99% clip on limits, dan buka jendela Edit Transform Limits (Lihat gambar 2 hingga 4).

Gambar 2. Rasio Kanal Biru dengan NIR
Gambar 3. Lakukan Refresh Images 99% dan buka Edit Limit Transform
Gambar 4. Proses Limit Transform

Pada Gambar 4. Geser garis limit 1:1 ke arah puncak actual input dan lihat nilai input limit yang di lingkari sebagai nilai batas antara rasio kanal NIR dan Biru yang menyebabkan munculnya nilai untuk darat dan berkurangnya secara drastis nilai untuk laut dengan acuan citra RGB.

Setelah mendapatkan nilai batasnya, dalam kasus saya nilai batas rasio kanal NIR dan Biru adalah 0.76. Kemudian untuk memasking masing-masing kanal gunakan Formula Editor dengan formula seperti ini (Lihat gambar 5):

Gambar 5. Masukkan formula kemudian klik Apply Changes.

Pada Input 1 yang digunakan adalah kanal Biru, Input 2 adalah kanal NIR, dan Input 3 adalah kanal yang ingin kita masking (Lihat gambar 5 pada jendela Formula Editor).

Setelah tampak citra pada kanal yang kita inginkan masking untuk daerah darat berubah menjadi hitam atau NULL berarti formula yang kita masukkan sudah benar dan citra bisa disimpan sebagai data ER Mapper Raster Dataset (.ers) dengan Data Type IEEE4ByteReal dan Null Value di isikan dengan 0 (Lihat gambar 6).

Gambar 6. Simpan citra hasil masking.

Sekarang coba buka kanal yang sudah dimasking dan lihat pada jendela Cell Value Profile, dan arahkan kursor pada daerah daratan, maka nilai daratan akan menjadi (null) dan nilai laut masih memiliki nilai aslinya (Lihat gambar 7).

Gambar 7. Buka kembali kanal yang sudah di masking

Demikian cara singkat metode masking pada citra Landsat 8, sekiranya metode ini juga dapat dicoba pada citra High Resolution atau Medium Resolution lainnya.

Apabila ada kesalahan, masukan atau saran bisa kirimkan pada kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung.