Kamu baru saja sewa server? Mau tahu bagaimana performa server kamu? Biasanya performa server yang utama adalah koneksi akses server dan kecepatan server tersebut dalam memproses semua request yang berjalan di server mulai dari Disk I/O, RAM, SWAP dan CPU. Lalu bagaimana untuk mengetahui semua informasi itu? Kamu bisa melakukan Benchmark terhadap server kamu. Saya mengetahui ada dua tools yang bisa digunakan untuk hal tersebut. Adapun script untuk melakukan benchmark terhadap VPS atau Dedicated Server yaitu:

Benchmark dari freevps.us

Script ini banyak tersebar di blog-blog atau forum yang membahas tentang web hosting atau server hosting. Script yang simpel untuk melakukan benchmark. Hanya dengan satu baris script kamu bisa mengetahui model CPU, jumlah cores, CPU frequency, jumlah besaran RAM, SWAP, system uptime dan tentu saja test untuk kecepatan download serta kecepatan I/O.

Baris script untuk menggunakan benchmark dari freevps.us adalah:

Berikut ini adalah contoh benchmark dari salah satu server GoldenChoco:

Benchmark dari  VHWINFO

Script benchmark ini dikembangkan oleh Rafa Marruedo, vHWINFO merupakan script yang mirip dengan script sebelumnya, hanya saja script ini hanya menampilkan download speed test which is from CacheFly. Namun sayang, saya sudah mencoba script ini, script ini tidak menampilkan informasi I/O. Cara menggunakan script benchmark dari VHWINFO sebagai berikut:

Semisal script di atas tidak bekerja, silahkan coba script dibawah ini:

Berikut ini adalah contoh script benchmark VHWINFO yang di jalankan di salah satu server GoldenChoco.

Kedua script tersebut bisa digunakan sebagai acuan kamu untuk mengetahui performa server yang kamu sewa. Dan sebagai dasar keputusan apakah server tersebut layak untuk dipertahankan (alias tidak diperpanjang kontraknya apabila hasilnya mengecewakan).

Begitu saja, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang juga mengelola server. Saya pribadi lebih memilih script yang simpel seperti milik freevps.us untuk benchmark singkat. Tetapi kamu juga bisa melakukan test terhadap masing-masing parameter seperti Disk I/O dan Koneksi.