Postingan berikut ini adalah tutorial singkat untuk WordPress (self hosted) bukan WordPress.com atau Blogspot :p .

Beberapa minggu lalu saya teringat untuk mengupdate beberapa Plugin untuk blog, dan payahnya disaat bersamaan saat saya menjalankan Update dari WordPress blog, saya sekaligus merefresh web server saya.

WordPress Update (Sumber: www.elegantthemes.com)

Beberapa Plugin berhasil di update namun sisanya stuck, dan saat itu halaman utama blog saya masih menunjukkan tulisan,

“Briefly unavailable for scheduled maintenance”

Kesalahan fatal memang, disaat masih ada proses yang berjalan di web server namun saya malah me-refresh web servernya, dan alhasil WordPress saya “stuck” alias mandek di status sedang maintenance.

Proses Update Plugins dan Mandek

Bila hal tersebut juga terjadi di teman-teman, tenang, jangan panik! Hal tersebut bisa selesai dengan mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa di ikuti oleh teman-teman yang mengalami hal serupa:

  1. Untuk yang menggunakan cPanel, silahkan masuk ke cPanel file manager, kemudian masuk ke folder dimana WordPress berjalan. Atau untuk yang tidak menggunakan cPanel, silahkan gunakan FTP/SFTP atau gunakan SSH langsung juga bisa dan langsung masuk ke folder WordPress berada.
  2. Setelah membuka folder root untuk WordPress, cari file dengan nama .maintenance .
  3. Hapus file .maintenance yang ditemukan.
  4. Pastikan web server dan server database bagi yang menggunakan Cloud atau VPS sudah berjalan normal.
  5. Kemudian Reload halaman WordPress kamu di browser.
  6. Apabila cara tersebut tidak berhasil, silahkan perhatikan dimana Update mulai mandek, saat mengupdate Plugins atau Themes tertentu, coba hapus atau pindahkan folder Plugins atau Themes bermasalah tersebut keluar dari folder root dimana WordPress berjalan
  7. WordPress kamu akan kembali berjalan normal, dan proses Update untuk Plugins dan Themes bisa dilanjutkan.
Ilustrasi File Manager di cPanel

Bila masih menunjukkan hal yang sama, kemungkinan WordPress kamu menyimpan cache di browser, bila hal itu terjadi maka kamu bisa menghapus Cache dan Cookies terlebih dahulu baru mulai Refresh browser kamu di WordPress kamu. Semoga tutorial singkat ini bisa membantu.