Untuk kamu yang sedang mengerjakan skripsi, tesis atau bahkan disertasi pasti membutuhkan bahan referensi baik untuk menulis Tinjauan Pustaka ataupun untuk mendukung hasil temuan dari penelitian kamu di Pembahasan. Mencari jurnal ilmiah saat ini memang sudah cukup mudah, banyak yang gratis, namun juga banyak yang berbayar. Misalnya mencari jurnal yang terindeks Scopus (Elsevier) mungkin cukup menggunakan Google Scholar lalu kita tinggal menggunakan layanan pembajak jurnal seperti LibGen (Library Genesis) atau dengan menggunakan Sci-Hub

Halaman utama Sci-Hub

Namun bagaimana apabila kita ingin mencari jurnal dengan Bahasa Indonesia? Bisa menggunakan Google Scholar atau Google biasa. Namun hal tersebut terbatas hanya untuk kata kunci yang kita cari saja. Misalnya kamu ingin mencari jurnal berbahasa Indonesia mengenai “biodiversity reef”, mungkin dengan mudah kamu mencarinya dengan Google Scholar, namun kamu tidak bisa mencari jurnal lainnya dengan topik mengenai perikanan yang berasal dari penerbit jurnal yang sama. Misalkan, jurnal mengenai “biodiversity reef” ditemukan dari Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis IPB (Jurnal ITKT) kamu pasti penasaran, apakah dari penerbit jurnal JITKT tersebut ada juga jurnal dengan bahasan atau topik serupa. Karena hasil pencarian Google Scholar biasanya akan menampilkan hasil pencarian yang serupa dan berasal dari beragam jurnal yang ter-indeks di Google Scholar.

Jurnal ITKT IPB merupakan jurnal yang spesifik menaungi berbagai jurnal dengan cakupan penelitian mengenai biologi laut dan topik kelautan lainnya (selengkapnya cakupan JITKT bisa dilihat disini) dan jurnal tersebut menerbitkan jurnal yang ditulis hampir 80% berasal dari peneliti atau akademisi di Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia. Hal tersebut memungkinkan ada beberapa jurnal lain yang masih membahas mengenai “biodiversity reef” di Jurnal ITKT. Menggunakan Google Scholar untuk mencari kata kunci yang serupa dalam satu penerbit jurnal mungkin agak menyulitkan, tapi tenang, ada solusi untuk hal tersebut.

Saat ini Perpustakaan Nasional Indonesia sudah mengembangkan suatu situs untuk mengindeks jurnal-jurnal ataupun prosiding hasil konferensi baik nasional atau internasional. Situs tersebut bernama Neliti.com. Neliti.com merupakan One Stop Jurnal Indeks khusus jurnal yang berasal dari Indonesia. Banyak penerbit jurnal di Indonesia ter-indeks di website Neliti.com. Pada situs tersebut kamu bisa menemukan banyak jurnal berbahasa Indonesia dan menelusuri satu keyword yang sama dari satu penerbit jurnal seperti kasus yang sudah disebutkan di atas.

Tampilan situs Neliti.com

Untuk kasus di atas, misal untuk kata kunci “biodiversity reef” yang ingin kita cari dari Jurnal ITKT IPB bisa kita temukan dengan mudah. Pada halaman utama Neliti.com, kamu bisa mencari Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis terlebih dahulu, lalu akan muncul hasil seperti berikut:

Hasil pencarian Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis di Neliti.com

Kemudian pilih Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis pada hasil pencarian tersebut, maka akan tampil halaman profil untuk Jurnal ITKT berikut dengan indeks jurnal berdasarkan Volume dan Issue yang ada.

Profil Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis IPB beserta indeks jurnal yang telah terbit.

Kemudian kamu bisa memasukkan kata kunci yang kamu inginkan misalnya “biodiversity reef” seperti kasus di atas. Maka kamu akan menemukan jurnal-jurnal yang telah terbit di Jurnal ITKT dengan kata kunci yang sama.

Pencarian kata kunci khusus di satu jurnal. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis.

Selain untuk mengatasi kasus di atas, kamu juga bisa mengetahui status Jurnal tersebut, mulai dari akreditasi hingga indeksasi Scopus atau tidak. Selain itu kamu juga bisa menemukan jurnal apa saja yang diterbitkan dalam suatu instansi, misalnya ingin mengetahui jurnal apa saja yang diterbitkan oleh Institut Pertanian Bogor.

Indeks penerbit jurnal yang ada di Institut Pertanian Bogor.

Demikian informasi mengenai cara mengenai jurnal ilmiah berbahasa Indonesia dengan menggunakan situs Neliti.com, semoga bisa membantu kamu yang sedang mengerjakan skripsi, tesis, disertasi atau bahkan sedang menulis jurnal juga.