Siang hari ini saya berniat untuk mencoba mengolah data OceanColor di SeaDAS versi 7, saya memang jarang mengerjakan data itu. Saya tidak menggunakan laptop dengan OS Linux dan variannya, memang saya menggunakan OS Windows milik Microsoft. Karena saya jarang menggunakan SeaDAS yang running di Linux, maka saya hanya menggunakan Virtual Machine untuk menjalankan Ubuntu dari dalam Windows. Manusia memang sudah wajar menjadi lupa akan sesuatu hal yang kecil. Didasakan karena memang saya jarang menggunakan Ubuntu dari Virtual Machine tersebut, saya lantas lupa dengan password Ubuntu saya.

Saya mencoba berbagai password yang saya ingat, namun tidak ada yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam Ubuntu 14.04 LTS yang saya install di VirtualBox saya. Saya mencoba berbagai cara, tidak ada yang bisa saya lakukan selain mencari cara di Internet. Pada post kali ini saya akan membagikan kembali cara reset password pada Ubuntu 14.04 LTS, karena sebenarnya sudah banyak tutorial di Internet, tetapi tidak ada salahnya karena saya hanya membagikan pengalaman saya.

Saya sendiri mendapatkan berbagai cara untuk me-reset password tersebut, namun saya hanya menemukan satu yang menurut saya cukup efektif. Metode lain untuk reset password di Ubuntu bisa kamu lihat disini.

Langsung saja, saya sendiri memang menggunakan Ubuntu 14.04 LTS, untuk versi sebelumnya atau versi sesudahnya mungkin agak sedikit berbeda, tetapi sebenarnya intinya sama, yaitu kita mencoba masuk ke dalam root shell dengan permission read and write untuk merubah password dari user yang ada di dalam sistem.

Langkah pertama setelah kamu menemukan bahwa kamu tidak bisa memasuki sistem pada logon screen, yaitu dengan cara me-reset Virtual Machine pada menu virtual box.

 

reset virtualmachine
Menu reset mesin virtual pada VirtualBox

Sambil menekan tombol Shift pada keyboard, virtual mesin akan di boot-up kembali oleh VirtualBox lalu akan masuk ke menu Grub pada Ubuntu. Kemudian pilih menu *Advanced options for Ubuntu.

VirtualBox_ubuntu_05_04_2016_16_53_08

Setelah itu pilih Ubuntu pada kernel terbaru linux (recovery mode) dan pada Recovery menu pilih root – Drop to root shell prompt. Tapi sebelumnya, pada recovery menu jelas tertulis bahwa kernel linux yang kita pilih dalam keadaan read only.

VirtualBox_ubuntu_05_04_2016_16_53_29

VirtualBox_ubuntu_05_04_2016_16_53_58
Recovery Menu

Selanjutnya adalah proses untuk me-remount shell dengan permission read-write untuk merubah konfigurasi . (Kalau dari beberapa informasi yang ada, pada proses ini kita harus berhati-hati memberikan command, karena kalau salah kemungkinan sistem menjadi tidak stabil dan rusak bisa terjadi).

VirtualBox_ubuntu_05_04_2016_16_54_42
Root shell

Untuk me-remount shell dengan permission read-write ketikkan perintah berikut ini:

VirtualBox_ubuntu_05_04_2016_16_55_05

Setelah memberikan perintah di atas, seharusnya permission read-write sudah diberikan kepada shell. Selanjutnya kita bisa merubah password pada user yang ada pada ubuntu. Dengan mengetikkan perintah berikut ini:

Rubah username pada perintah di atas, sesuai dengan user yang kamu mau rubah di ubuntu kamu.

VirtualBox_ubuntu_05_04_2016_16_56_00

Setelah password yang baru kamu masukkan, maka reboot ubuntu kamu dengan mengetikkan perintah.

Setelah virtual mesin selesai di booting, maka kamu bisa masuk ke dalam user di Ubuntu kamu dengan menggunakan password yang kamu buat tadi. Dan selamat bekerja kembali. 😀

Apabila ada pertanyaan, silahkan kirim pertanyaan pada AskFM saya di https://ask.fm/BudhiAP.