Kadang kalau kita bekerja dengan basis data spasial dengan koordinat dalam penyajiannya bisa dalam berbagai macam bentuk. Misalnya koordinat dalam bentuk derajat menit detik, derajat desimal, derajat menit desimal dan sebagainya. Umumnya dalam penyajian informasi dalam bentuk tabel koordinat orang awam akan lebih senang membaca koordinat dalam bentuk derajat menit detik. Sedangkan orang yang terbiasa bekerja dengan data spasial tidak akan begitu terpengaruh apapun bentuk penyajiannya (kalau saya lebih senang membaca derajat desimal).

Kali ini saya akan memberitahukan sedikit trik apabila kita memiliki basis data dengan bentuk koordinatnya Derajat Desimal dan akan di konversi menjadi bentuk Derajat Menit Detik.

Terdapat dua cara, biasanya kita bekerja dengan basis data dalam Microsoft Office Excel, dalam kasus ini saya akan mempraktekannya dalam seri Office Professional Plus 2013.

Microsoft Office Professional Plus 2013
Microsoft Office Professional Plus 2013

Cara Pertama:

Kita akan meng-konversi koordinat derajat desimal ke derajat menit detik dengan bantuan script VBA. Ikuti langkah berikut dengan seksama:

  1. Tekan tombol ALT+F11 secara bersamaan pada keyboard untuk membuka jendela Microsoft Visual Basic for Application
Jendela Microsoft Visual Basic for Application

2. Klik Insert > Module, kemudian salin script VBA dibawah ini.

Copy script VBA dan paste

3. Klik tombol run (segitiga hijau) atau pencet F5 pada keyboard.

4. Setelah jendela range muncul, kembali ke jendela MS Excel dan sorot data yang ingin di ubah dari Derajat Desimal ke Derajat Menit Detik, jika sudah klik OK.

Sorot data yang ingin dirubah formatnya

5. Selesai, maka data akan digantikan dengan format yang baru.

Data sudah berubah dari Derajat Desimal ke Derajat Menit Detik

Info tambahan: dengan menggunakan script VBA data kamu akan ditimpa dengan yang baru dan tidak dapat di undo, ada baiknya salin dan amankan data kamu terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini.

Cara Kedua:

Dengan cara manual, koordinat Derajat Desimal dapat dikonversi kedalam Derajat Menit Detik dengan menggunakan formula pada Excel. Sebelum memulai buat tiga kolom, pada masing-masing kolom nantinya akan berisi angka Derajat, Menit dan Detik. Masukkan formula berikut, dengan asumsi A3 adalah cell koordinat derajat desimal yang akan dirubah:

=INT(A3), akan merubah Derajat Desimal Menjadi Derajat

=MINUTE((A3-INT(A3))/24), akan merubah Derajat Desimal Menjadi Menit

=SECOND((A3-INT(A3))/24), akan merubah Derajat Desimal Menjadi Detik

Cermati gambar dibawah ini:

Lakukan Dragging untuk Auto Fill atau Paste Formula untuk data berikutnya dan bandingkan apakah ada perbedaan antara yang dilakukan dengan Script VBA maupun cara manual.

Sekian tutorial untuk konversi koordinat Derajat Desimal ke Derajat Menit Detik, semoga bisa membantu menyelesaikan masalah dalam konversi data dalam jumlah yang banyak. Apabila ada masukkan atau membutuhkan bantuan, silahkan hubungi saya melalui halaman sosial media saya. Terima kasih.

Sumber: 1, 2, 3