Saya kembali dengan random post, random post kali ini berisi tutorial singkat untuk menggunakan video dari Youtube sebagai background seperti di halaman milik EXIT TUNES PRESENTS Vocalofanatic feat. GUMI、IA、MAYU. Sebenarnya konsepnya sama seperti menggunakan embed code yang sudah disediakan Youtube, akan tetapi kita akan mengubahnya agar video yang ada pada halaman Youtube tidak ikut tampil di halaman kita, hanya suara saja yang muncul.

Langkahnya sederhana, sebelumnya kamu sudah memilih video yang akan digunakan sebagai background musicnya. Lalu copy embed code yang ada di halaman youtube tersebut!

Pada menu Share, pilih Tab Embed.

Menu Embed pada Youtube

Kemudian buka HTML page yang ingin kamu edit!

Pada tutorial ini, saya ingin menggunakannya pada landing page untuk Error 404 milik GoldenChoco.

Setelah membuka file HTML dengan editor, masukkan Embed code pada baris bagian <body> pada HTML kamu. Sebelumnya rubah dahulu embed code bawaan youtube agar video tidak ikut tampil di halaman HTML kamu menjadi seperti di bawah ini:

menu embed pada body

Embed code bawaan Youtube:

Kemudian dirubah menjadi:

Pada embed code yang kita modifikasi, akan merubah ketentuan agar iframe (width=”0″ height=”0″) video dari Youtube tidak akan muncul di halaman HTML kita, dan video akan dimulai secara otomatis (autoplay=1) apabila halaman tersebut dibuka.

Ingat! Rubah VIDEO_ID dengan video yang kita mau masukkan sebagai background music dari Youtube.

Demikian tutorial singkat untuk menggunakan video youtube sebagai background music pada halaman HTML, selamat mencoba!