Pekerjaan kantor dan tugas yang menumpuk membuat pikiran Anda menjadi pusing. Raga bekerja sementara jiwa sudah tak fokus dengan pekerjaan dan berharap liburan di akhir pekan untuk refreshing. Sambil mengerjakan itu semua perlahan Anda mulai mencari tempat-tempat untuk liburan dan menghabiskan waktu di akhir pekan, namun hal penting yang perlu diperhatikan adalah budgeting. Banyaknya pengeluaran Anda bulan ini membuat Anda harus sebisa mungkin irit. Lalu bagaimana dengan rencana liburan Anda? Apakah masih bisa dieksekusi? Bagi Anda yang mengalami kegalauan tersebut dan memang butuh piknik. Tenang saja, libur akhir pekan Anda tetap bisa dieksekusi dengan liburan murah ala backpacker. Terkait masalah akomodasi penginapan dengan harga yang bersahabat, Anda bisa cari hotel di Traveloka.  Anda bisa memilih sendiri hotel yang Anda inginkan, dan bisa Anda sortir hasil pencariannya berdasarkan dari harga terendah. Kemudian mengenai jalan – jalan ala ransel alias backpacker dengan budget yang terbatas, bagi Anda yang tinggal disekitar Jabodetabek, sebaiknya Anda memilih kota Bandung. Karena Bandung memiliki banyak rekomendasi hotel murah. Salah satu penginapan yang menjadi favorit para backpacer adalah penginapan yang bernuansa seperti rumah sendiri dengan harga ekonomis, bersih, strategis, nyaman dan pelayanan yang bersahabat. Kota Bandung yang hanya berjarak kurang-lebih sekitar 3 jam perjalanan dari Jakarta mungkin menjadi alasan tepat mengapa Anda bisa menghibur diri anda tanpa harus takut waktu weekend Anda tidak cukup untuk memenuhi hasrat untuk liburan Anda. Di sisi lain Ibu kota Jawa Barat ini memiliki banyak tempat wisata hemat plus dengan keadaan alam yang masih asri dan indah di beberapa tempat. Bahkan waikota Bandung pun secara serius membenahi beberapa tempat yang ramah dan nyaman untuk dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata ala backpacker dengan budget akhir bulan:

1. Gedung Sate Bandung

Tempat wisata yang sering kali dijadikan icon kota Bandung, yaitu Gedung Sate Bandung. Disebut gedungsate karena bagian atas atapnya memiliki gaya arsitektur (ornament) yang mirip tusuk sate. Dahulu kala gedung dengan aksen Indo-Erop ini dijadikan tempat pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat.

2. Taman Cempaka atau Taman Photografi

Dahulu sebelum ada konsep 20 taman tematik, taman ini lebih dikenal dengan sebutan Taman Cempaka. Lho lalu mengapa kini disebut Taman Photografi? Hal ini karena banyaknya photo karya photographer baik professional maupun pemula yang dipajang di sini. Taman hijau terbuka ini juga memiliki beberapa objek menarik yang bisa dijadikan objek belajar photography. Tak hanya itu ada juga arena bermain untuk anak-anak dan juga fasilitas free wifi 24 jam.

3. Masjid Agung Bandung atau Masjid Raya Kota Bandung

Tempat peribadatan umat muslim yang terbesar di Jawa Barat ini menjadi tempat wisata religi bagi banyak orang. Ya, Masjid Agung Bandung. Salah satu hal yang menarik dari  masjid yang mampu menampung 12.412 orang ini adalah halamannya yang luas dan juga kedua menara yang terletak di samping kanan dan kirinya.  kedua menara tersebut bisa dimasuki oleh pengunjung.

masjid raya bandung
Masjid Raya Bandung (Sumber: bandung.co)

Pengunjung diperbolehkan naik ke atas menara ini menggunakan lift untuk melihat keindahan Kota Kembang dari atas menara, menakjubkan! Selain disebut Masjid Agung Bandung, masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Raya Kota Bandung oleh wisatawan.

4. Situ Patenggang

situ patenggang bandung
Situ Patenggang, Bandung (Sumber: anekatempatwisata.com)

Urutan ke empat tempat yang harus dikunjungi oleh seorang backpacker di Bandung adalah Situ Patenggang. Berkunjung ke danau ini Anda disajikan kedamaian, ketenangan, suansa dingin nan sejuk serta pesona pemandangan indah yang menakjubkan. Sisi lain yang menjadikan situ atau danau ini menjadi salah satu favorit adalah di tengah danau ini terdapat daratan kecil yang dinamai Pulau Cinta. Menyebrang ke pulau cinta ini Anda bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola danau.

5. Taman Labirin

Nah rekomendasi kelima destinasi ala backpacker di Bandung adalah Taman Labirin. Taman yang sedang hits banget di media sosial khususnya instagram. So, jangan ngersa kekinian kalau Anda belum sempat berphoto di sini. Taman ini dulunya bernama Taman Merpati, lingkungan taman merpati yang penuh dengan tumbuhan hijau dan bunga-bunga cantik, kini direnovasi menjadi bentuk labirin. Konsep labirin sengaja dibentuk agar pengunjung bisa menyusuri jalan di tengah taman dengan indahnya. Menyulap Taman Merpati menjadi Taman Labirin merupakan salah satu bukti bahwa Keseriusan kota Bandung dalam membangun ruang terbuka hijaunya, karena selain Taman Labirin ada juga taman tematik lainnya yang bisa Anda kunjungi seperti: Taman Fim Bandung, Taman Super Hero & Taman Jomblo. Eits, jangan baper lho guys ini seriusan hanya nama taman.

Bagaimana? Segera siapkan ransel Anda dan berangkat ke Bandung!