Disclaimer!

Segala kerusakan yang terjadi di sistem operasi milik kamu merupakan tanggung jawab kamu sendiri. GoldenChoco, atau saya sendiri disini hanya menyampaikan sebuah tutorial yang sudah kami coba sendiri sebelumnya. Kesalahan pengaturan sesungguhnya bukan berasal dari kesalahan tutor ini melainkan anda sendiri yang melakukannya.

Pernah mendengar istilah Screen Saver? Bagi yang sudah menggunakan komputer berbasis sistem operasi Microsoft Windows sejak tahun 95 mungkin tahu istilah ini. Memang dalam versi terakhir Windows sejak Windows 7 hingga saat ini Windows 10 diluncurkan Screen Saver sudah tidak pernah lagi muncul sebagai setting Default di Personalisasi bawaan Windows 10. Menurut HowToGeek.com menu Screen Saver memang sudah dihilangkan dari menu Personalisasi Windows 10, berbeda dari versi-versi sebelumnya. (Baca artikelnya disini.)

Penjelasan dari HowToGeek.com
Penjelasan dari HowToGeek.com

Akan tetapi menu Screen Saver bawan Windows, di Windows 10 masih bisa ditemukan dari menu Personalization apabila kamu membukannya dari Control Panel (Bukan Settings). Dengan tahapan, buka Control Panel -> Appearance and Personalization -> Change screen saver seperti di gambar berikut.

control-panel-screen-saver
Menu Screen Saver dari Control Panel (klik untuk memperbesar gambar)

Tapi mungkin pilihan Screen Saver bawaan Windows terlihat sangat membosankan. Apalagi untuk kamu yang sudah sering menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Tapi tenang, masih ada satu opsi mudah untuk kamu yang ngin menggunakan screen saver tapi tidak dengan menggunakan pilihan yang disediakan oleh bawaan Windows. Misalnya dengan Video! Yak! kamu bisa membuat Screen Saver unik dengan menggunakan Video. Apapun Videonya, asalkan bukan video berisi film dewasa. Bisa hancur reputasimu apabila kamu terapkan metode ini di komputer kantor atau di laptop saat kamu sedang presentasi.

Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan beberapa software. Software nya semua gratis!. Saya menggunakan K-Lite Media Player Classic dari CodecGuide.com. Kamu bisa mendownloadnya dari website resmi mereka. Pada saat membuka websitenya kamu harus memilih menu Download dan memilih versi Basic.

Setelah MPC-HC selesai kamu install yang kamu harus lakukan adalah mengikuti tutorial ini dengan hati-hati. Untuk membuat PC/Laptop kamu menjalankan Video sebagai screen saver, kamu bisa menggunakan aplikasi Task Scheduler milik Microsoft Windows. Kamu bisa membukanya dari menu Start kemudian mengetikkan Task Scheduller.

Membuka Task Scheduler dari Start Menu
Membuka Task Scheduler dari Start Menu

Setelah Task Scheduler terbuka, yang kamu harus perhatikan adalah jangan salah merubah Triger, Action yang ada saat kamu membuat sebuah Task. Sebelum memulai, pastikan kamu sudah memilih Video yang akan kamu gunakan, simpan video tersebut di folder dimana kamu tidak akan merubah nama atau isi file tersebut. Misalnya, saya simpan video yang akan saya gunakan di folder Videos bawaan Windows. Kemudian rename video tersebut menjadi nama yang sederhana agar kamu tidak kesulitan mengetik daftar direktori dan nama yang panjang di Task Scheduler. Nama bebas, format video yang digunakan tentu haruslah format yang didukung oleh Media Player Classic seperti umumnya MP4, MKV, TS, MPEG, AVI dan lain-lain.

Video yang saya gunakan, sudah di rename menjadi "system_idle".
Video yang saya gunakan, sudah di rename menjadi “system_idle”.

Langkah pertama, buatlah sebuah tugas di Task Scheduler dengan memilih menu Create Task pada menu di sebelah kanan.

Menu "Create Task" di Task Scheduler. (Klik untuk memperbesar gambar)
Menu “Create Task” di Task Scheduler. (Klik untuk memperbesar gambar)

Selanjutnya, pada tab General, pastikan kamu mengisi nama Task dan Deskripsi, kemudian pada Security options, pastikan User Account-mu sudah dipilih dan pilih “Run only when user is logged on”.

General Tab
General Tab

Setelah itu, pindah ke Tab Triggers. Pilih New, untuk membuat Trigger baru. Maksudnya adalah, tugas di Task Scheduler ini akan terpicu apabila komputer dalam suatu kondisi. Dalam hal ini, kita ingin komputer kita saat idle / tidak sedang kita gunakan memutar video sebagai screen saver. Setelah memilih menu New, Pilih Begin the task: On idle. Kemudian centang Enable saja di bagian bawah, dan klik OK.

Menu Trigger (klik untuk memperbesar gambar.)
Menu Trigger (klik untuk memperbesar gambar.)

Setelah itu kita pindah ke Tab Actions. Disinilah kamu harus berhati-hati. Pada menu Action: pilihlah Start a program. Kemudian di kolom Program/Script klik Browse kemudian cari program MPC-HC yang sudah kamu install. Biasanya file .exe milik MPC-HC berada di C:\Program Files (x86)\K-Lite Codec Pack\MPC-HC64\

Letak .exe MPC
Letak .exe MPC

Saya disini menggunakan MPC-HC versi 64bit. Mungkin akan berbeda apabila kamu menggunakan yang 32bit. Tetapi saya yakin kamu pasti tahu bedanya.

Setelah itu apabila file .exe MPC-HC sudah terpilih maka dengan sendirinya kolom Program/script akan terisi. Kemudian kita tinggal menambahkan Arguments, dimana pada kolom ini kamu akan mengisi, apa perintah yang akan diberikan ke MPC-HC (dalam hal ini memutar file video). Ketikkan alamat direktori video yang akan kamu gunakan, dengan menambahkan perintah /fullscreen agar MPC-HC memutar video dalam mode Full Screen. Contoh Arguments yang saya isikan:

Menu Actions di task scheduler. (klik untuk memperbesar gambar)
Menu Actions di task scheduler. (klik untuk memperbesar gambar)

Setelah selesai dan klik OK pada menu Actions. Sekarang kita ke tab Conditions. Silahkan ikuti setting yang saya gunakan. Nantinya dari Task ini, akan berjalan apabila komputer memasuki mode idle, dan hanya berjalan apabila laptop kamu sedang dalam power AC (di charge).

Menu Conditions
Menu Conditions

kemudian berlanjut ke menu tab Settings, di tab ini yang perlu dirubah adalah dibagian “If the task is already running, then the following rule applies:”, pilih menu “Queue a new instance”. Artinya apabila tugas ini sudah dijalankan, akan di buat suatu rutin baru agar saat komputer memasuki mode idle kembali tugas ini akan dijalankan kembali oleh Task Scheduler.

Settings, Queue a new instance.
Settings, Queue a new instance.

Klik OK.

Apabila sudah selesai, maka task sudah dibuat, kamu tinggal mengujinya dengan memilih menu Run, di Selected Items.

Run Task (klik untuk memperbesar gambar)
Run Task (klik untuk memperbesar gambar)

Selesai sudah cara membuat screen saver dengan menggunakan video. Seharusnya saat kamu meninggalkan komputer kamu nanti dan komputer akan masuk mode idle Task ini akan berjalan dan memutar video yang kamu pilih. Dan apabila kamu kembali untuk menggunakan komputer, maka video tersebut akan berhenti dan Task dari Task Scheduler akan selesai dan akan menjalankan tugas baru apabila kamu kembali meninggalkan komputer kamu dan memasuki mode idle.

Sekian, semoga tutorial ini bermanfaat. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah ini.