Mousou Kanojo (2016)

妄想彼女, Fuji TV, 2016 | Genre: Comedy, Romance

Sinopsis

Kisah mengenai seorang Jomblo berusia 29 tahun bernama Keisuke yang memiliki seorang pacar khayalan, dimana terjadi keajaiban saat ia mendapati pacar khayalannya menjadi nyata dan sesuai dengan impiannya. Haru kemudian muncul menjadi  pacar Keisuke, dimana Haru merupakan tipe ideal dari pacar yang di idamkan Keisuke. Kemudian Keisuke mengalami kisah romantis sebenarnya bersama Haru. Akan tetapi apakah itu semua hanya fantasi Keisuke saja, atau memang Haru itu benar ada??

Dikutip dari: MyDramaList.com

Review

Prelude

Buat para jomblo, apalagi yang sudah lama men-jomblo, terlebih buat yang belum pernah pacaran. Kalau punya pacar sesuai idaman kita, apa yang kamu rasain? Seneng, Bahagia? Tetapi semua itu hanya impian. Dimana seseorang ingin memiliki pacar idaman akan tetapi tanpa berusaha, berusaha memperbaiki diri, berusaha menerima dia apa adanya bahkan berusaha untuk berkorban demi dia, seorang pacar yang kita idamkan dan hubungan yang baik tidak akan terwujud.

Saya ingin menulis sebuah spoiler review dari dorama berjudul Mousou Kanojo. Mousou Kanojo bercerita tentang fantasi seorang jomblo akut yang mendapatkan pacar sesuai dengan mimpi dan kriterianya. Bagaimana alur cerita dan kehidupan seorang jomblo akut bila mendapatkan pacar, simak kisahnya berikut ini.

Latar belakang Keisuke dan para pemeran

Keisuke diperankan oleh Asari Yosuke adalah seorang pria berusia 29 tahun yang tinggal sendirian di rumah warisan kakeknya di sebuah kota di Jepang. Keisuke berprofesi sebagai seorang penulis blog dan buku berjudul "Mousou Kanojo" bersama editornya bernama Anzai yang diperankan oleh Maruyama Tomomi. Keisuke yang single memiliki seorang teman wanita seumuran dengan dia sesama penulis bernama Yuki yang diperankan oleh Kinami Haruka. Keseharian Keisuke dihabiskan untuk membuat materi yang akan dia gunakan sebagai bahan untuk di unggah ke SNS (jejaring sosial) dan blognya, sebagai kelanjutan kisah dari buku yang ia tulis. Keisuke sendiri memiliki seorang pacar khayalan yang dia jadikan bahan tulisannya bernama Haru. Haru menurut versi Keisuke adalah seorang yang cantik, imut, pengertian dan lain-lain sesuai impian Keisuke.

Pada saat malam ulang tahunnya yang ke-29, Keisuke secara tidak sengaja mengucapkan bahwa ia tidak ingin pacar sungguhan dan disaat ia mengucapkan hal tersebut ada bintang jatuh. Ucapan Keisuke kemudian bertolak belakang, hingga akhirnya ia bertemu dengan Haru (diperankan oleh Hirose Alice), seorang wanita yang sesuai dengan kriteria Keisuke.

Keisuke dan Blog

Keisuke adalah seorang blogger dan penulis buku. Dia menulis buku mengenai kisahnya dengan pacar khayalannya bernama Haru. 

Jejaring sosial milik Keisuke

Blog Keisuke memiliki pengunjung yang banyak, banyak pengunjungnya yang mengapresiasi tulisannya sebagai seorang jomblo akut dan update jejaring sosialnya mengenai Haru sang pacar khayalan. Keisuke yang tidak memiliki pacar sungguhan, demi membuat materi foto untuk blog dan jejaring sosialnya, dia menggunakan trik-trik aneh dalam berfoto. Seakan-akan Keisuke sedang berduaan dengan seorang wanita, alih-alih itu semua hanya trik kamera yang dilakukan Keisuke. Foto-foto tersebut kemudian diunggahnya ke jejaring sosialnya dan dijadikan materi dalam buku yang ia tulis.

Trik kamera yang dilakukan Keisuke dengan menggunakan wig/rambut palsu
Update SNS milik Keisuke

Keisuke melakukan itu semua, mulai dari menulis blog hingga update SNS sebenarnya bukan hanya karena kemauan ia sendiri saja, akan tetapi Keisuke melakukan itu dikarenakan ia telah menulis buku berjudul Mousou Kanojo yang di gawangi oleh seorang Editor bernama Anzai dari salah satu penerbit dimana Keisuke harus bertanggung jawab atas isi blog dan SNS demi pembaca setia bukunya yang ingin mengetahui kehidupan dari seorang jomblo ngenes yang punya pacar khayalan.

Buku yang ditulis Keisuke bersama Anzai-san

Pertemuannya dengan Haru

Pada saat malam pergantian hari dimana Keisuke akan ber-ulang tahun ke-29, Keisuke bersama Anzai sedang membicarakan mengenai perkembangan dari SNS yang berhubungan dengan bukunya. Anzai yang memiliki misi untuk meneruskan buku Mousou Kanojo yang ditulis Keisuke hingga ke jilid-2, menyebutkan bahwa Keisuke terlalu asik dan naif dengan apa yang ia kerjakan untuk SNSnya dengan melakukan kencan sendirian seakan-akan ia bersama seorang wanita. Anzai yang sadar bahwa fansnya Keisuke ingin mengetahui kelanjutan kisah Keisuke menyarankan agar Keisuke memiliki pacar sungguhan yang nantinya bisa dijadikan bahan untuk tulisan selanjutnya di buku kedua mereka. Akan tetapi Keisuke yang terlalu asik dan menikmati kesendirian dengan pacar khayalannya menolak mentah-mentah tawaran Anzai dan berdalih ingin tetap bersama pacar khayalannya hingga ia secara tidak sengaja (karena mabuk) menyebutkan bahwa ia tidak butuh pacar.

Keesokan harinya, ternyata ucapan Keisuke bertolak belakang dengan apa yang terjadi sebenarnya. Pagi itu Keisuke yang sedang tidur dibangunkan oleh suara perempuan yang lembut dimana ia tidak mengenali suara siapa itu. Saat Keisuke membuka matanya dan sadar bahwa ada seorang perempuan cantik sedang berada di kamarnya dan kaget karena ia tidak mengenali siapa sesungguhnya wanita itu.

Perempuan misterius yang muncul tiba-tiba itu adalah Haru.

Keisuke yang akhirnya sadar, dengan melihat penampilan perempuan itu, kemudian segera memeriksa kriteria pacar idaman yang ia tulis di SNSnya. Dan ternyata perempuan itu adalah Haru, sang pacar khayalan Keisuke yang nyata dan berwujud wanita cantik.

Haru saat bertama kali disadari oleh Keisuke

Namun, Keisuke tampaknya masih belum percaya sepenuhnya dengan apa yang ia lihat. Kemudian Keisuke menelusuri apa yang ia tulis di SNS-nya dan mencocokannya dengan Haru yang ada di depan matanya. Misalnya Haru disuruh oleh Keisuke menari, karena Keisuke menuliskan bahwa Haru adalah seorang wanita cantik yang pintar menari seperti Idol.

Keisuke meminta Haru menari
Haru segera menari seperti apa yang diminta Keisuke

Tidak hanya menari, beberapa hal yang Keisuke tulis di SNS-nya pun semua dimiliki oleh sosok Haru yang dia lihat nyata. Bukan hanya dengan apa yang ia tulis sebelumnya, bahkan apabila Keisuke menulis apapun di SNS-nya, Haru yang nyata akan melakukan segala sesuatu yang tertulis walaupun Haru tidak megetahui bahwa apa yang ia lakukan sebenarnya adalah apa yang di inginkan dan ditulis oleh Keisuke di SNS-nya. Melihat ini saya sebenernya agak heran dan tidak masuk di akal, dimana saat Keisuke menuliskan sesuatu di SNS-nya, Haru langsung melakukannya. Awalnya saya pikir sosok Haru yang nyata mengikuti dan membaca apa yang ditulis Keisuke secara sadar, namun saat menonton saya tidak melihat Haru memegang smartphone-nya saat melakukan sesuatu apa yang ditulis oleh Keisuke. Berarti dapat disimpulkan, apa yang Haru lakukan adalah apa yang ditulis oleh Keisuke di status SNS-nya.

Anzai mesum, nyuruh Keisuke nulis kalau Haru disuruh ganti pakaian di depan dia

Eeehh, malah beneran si Haru buka baju di depan mereka... hahahaha

Haru mulai ganti baju di depan Anzai dan Keisuke

Kisah romantis Keisuke

Apa yang di idam-idamkan Keisuke akhirnya menjadi kenyataan. Keisuke bertemu dengan Haru, seorang perempuan yang sesuai dengan kriteria pacar idaman Keisuke. Awal kisah mereka berlangsung sangat manis, dimana Keisuke yang belum pernah memiliki pacar sungguhan akhirnya bisa menjalani kisah romantisnya dengan pacar idamannya bernama Haru. Kisah pertama Keisuke bersama Haru adalah saat Haru merayakan ulang tahun Keisuke yang ke-29. Haru memberikan kejutan dimalam hari kepada Keisuke dengan membawakan kue ulang tahun untuk Keisuke. Keisuke yang masih setengah percaya bahwa Haru benar-benar menjadi nyata akhirnya menerima keadaan bahwa Haru memang nyata dan sudah masuk di kehidupannya.

Haru memberikan kejutan kue ulang tahun kepada Keisuke

Sebenarnya Keisuke yang terbiasa dengan pacar khayalannya sudah mulai terbiasa dengan situasi disaat ia bertemu perempuan sesungguhnya. Namun karena biasanya Keisuke hanya sendirian, kali ini dia bersama seorang wanita sungguhan pasti Keisuke juga harus memiliki beberapa penyesuaian situasi saat bersama Haru yang nyata. Misalnya saat Keisuke mengajak Haru untuk berkencan. Keisuke yang masih kaku menghadapi perempuan mengalami kesulitan saat ia ingin memulai memberanikan menggandeng tangan Haru. Sampai-sampai Keisuke mencari di internet bagaimana cara bergandengan tangan dengan pasangan. Haru yang menyadari bahwa Keisuke merasa kebingungan akhirnya menggenggam tangan Keisuke. 

Haru yang memulai untuk menggandeng tangan Keisuke

Sebenernya, apa yang dilakukan Haru bikin mupeng saya juga. Ada ga ya perempuan sesempurna Haru yang mau pacaran sama orang seperti Keisuke, atau saya sendiri juga kayaknya nggak mungkin deh. Haru yang sebenarnya perhatian bisa mengerti apa yang di inginkan oleh pasangannya. Sosok perempuan sebenarnya seperti Haru rasanya sangat sulit untuk ditemukan bahkan menjadi mustahil apabila saya yang mendapatkan. 😀

Setelah akhirnya Keisuke berkencan, beberapa perubahan besar terjadi di dalam kehidupannya. Salah satu yang paling berpengaruh adalah update status SNS milik Keisuke yang kini tidak lagi menggunakan trik kamera dan rambut palsu. Sekarang Keisuke bisa berfoto dengan santai dan natural bersama Haru dan kemudian dia unggah ke SNS-nya.

Before after kehidupan Keisuke bersama Haru yang di unggah ke SNS
Perbedaan foto di purikura yang sebelum bertemu Haru dengan trik kamera dan sesudah bertemu Haru.

Weeehhh makin bikin mupeng deh, apalagi kalau Haru secantik Hirose Alice. Siapa sih yang nggak mau nge-date sama Alice??? Aaaahhh saya harap saya bisa bermimpi sebentar mengalami apa yang di alami oleh Keisuke, berkencan dengan perempuan secantik Alice. hehehehe.

Perbedaan-perbedaan kehidupan Keisuke sebelum dan sesudah bertemu Haru yang nyata sebenarnya membawa beberapa efek positif dan negatif. Efek positif bagi Keisuke salah satunya adalah saat ini dia tidak lagi sendirian lagi dan akhirnya bisa bertemu dengan wanita idamannya, sedangkan efek negatifnya adalah Keisuke mendapatkan tanggapan negatif dari para penggemarnya. Efek negatif tersebut muncul karena perubahan yang tiba-tiba terjadi dan juga Keisuke belum memutuskan untuk menulis kembali kisahnya dibuku yang selanjutnya untuk mengisahkan perjalanan seorang jomblo yang kini memiliki pacar sungguhan.

Salah satu komentar negatif dari para fans Keisuke di SNS

Konflik Keisuke dan Haru

Kisah cinta Keisuke tentu juga akan diwarnai oleh konflik. Konflik pertama yang dihadapi oleh Keisuke adalah pada saat ia menyadari bahwa Haru tidak mau menciumnya. Haru yang sebenarnya ingin juga mencium Keisuke masih ragu dengan perasaan Keisuke yang sesungguhnya. Dalam cerita ini Haru sebenarnya juga memiliki hati seperti pada wanita sebenarnya. Haru menginginkan bahwa Keisuke bisa mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya ke dia. Haru ingin Keisuke jujur apakah dia benar-benar mencintai Haru atau tidak. Dalam episode 2, saat Haru dan Keisuke sedang berkencan di taman, Keisuke mencoba untuk mencium Haru. Namun Haru yang belum mengetahui perasaan sesungguhnya dari Keisuke kemudian menolak dan malah mencium pipi Keisuke sebagai ganti mencium bibir karena Keisuke belum membalas pertanyaan Haru apakah Keisuke benar-benar mencintainya.

Haru marah ketika Keisuke tidak menjawab perasannya yang sebenarnya.

Dimulailah konflik pertama Keisuke dengan Haru. Dimana Keisuke dengan egoisnya hanya menjawab perasaan yang sebenarnya di inginkan oleh Haru secara terpaksa dan bukan dari hati. Sosok Keisuke yang diceritakan disini sebenarnya adalah sosok egois Keisuke dimana semua yang di inginkan oleh dia harus benar-benar terwujud kepada Haru, bahkan untuk mencium Haru dia sampai menulis status SNS-nya agar Haru mau mencium dirinya. 

Keisuke pun akhirnya mulai membuat jarak dengan Haru, dan memutuskan untuk melakukan "me time" dengan menulis status ajaibnya bahwa ia ingin sendirian tanpa di ganggu Haru. 

Keisuke yang bertingkah seperti itu langsung di kritik oleh Yuki. Keisuke mengatakan kepada Yuki bahwa apa yang di inginkan olehnya harus dilakukan oleh Haru. Disinilah sosok egois Keisuke terlihat, bahkan Yuki mengatakan bahwa apabila Keisuke terus seperti itu maka hubungannya dengan Haru tidak akan berlangsung lama. Saya sendiri melihat Keisuke mulai egois dari episode 2 ini. Keisuke yang tidak mengerti perasaan Haru, bukan Haru yang tidak mengerti perasaan Keisuke. Keisuke yang baru melihat sisi lain Haru dimana Haru menginginkan perasaan Keisuke yang sesungguhnya langsung membuat Keisuke menjaga jarak. Keisuke mungkin belum terbiasa menghadapi perempuan sebenarnya karena mengganggap Haru akan melakukan apa yang di inginkannya. Haru juga manusia, terlebih dia perempuan, perempuan biasanya memiliki sifat yang sensitif. Dan Keisuke belum bisa menyentuh sisi sensitif yang di miliki Haru yang sebenarnya cukup sederhana. Bahwa Haru ingin mengetahui perasaan sebenarnya Keisuke apakah Keisuke benar-benar mencintainya atau tidak.

Yuki mengatakan bahwa hubungan Keisuke dan Haru tidak akan berlangsung lama
Haru yang ingin mengetahui perasaan Keisuke terhadap dirinya.

Belum selesai masalah tersebut, Keisuke kemudian mendapati Haru sedang jalan berdua dengan Anzai saat ia sedang di perjalanan pulang selesai "me time" bersama Yuki. Keisuke pun merasa dirinya di khianati, namun saat itu Yuki yang sedang bersama Keisuke pun langsung menasihatinya, bahwa apa yang ia lihat malam itu hanyalah kesalah pahaman dan meminta Keisuke tetap mempercayai Haru. Namun sepertinya Keisuke masih menyimpan perasaan janggal terhadap Haru meskipun sudah di beri nasihat oleh Yuki.

Haru berjalan bersama Anzai

Hingga pada saat Keisuke dan Haru kembali ke rumah malam itu, puncak konflik terjadi di antara keduanya, dimana Keisuke justru bersikap dingin terhadap Haru melebihi sebelumnya. Haru yang dalam kondisi setengah mabuk mencurahkan apa yang ada di dalam hatinya bahwa ia sebenarnya sangat mencintai Keisuke dan ingin terus bersamanya. Keisuke yang sepertinya agak sulit menerima itu semua akhirnya menyadari bahwa dirinya selama ini sudah egois terhadap Haru. Keisuke juga menyadari bahwa dia belum bisa menyampaikan perasaannya yang sesungguhnya terhadap Haru. Keisuke pun akhirnya mengambil keputusan untuk menulis kembali status ajaibnya di SNS bahwa dia sebenarnya mencintai Haru dan dia juga menginginkan Haru untuk hidup sesuai dengan keinginannya sendiri.

Setelah itupun Keisuke langsung meminta maaf kepada Haru dan menyampaikan perasaannya terhadap Haru bahwa ia juga mencintai Haru. Keisuke pun mendapatkan ciuman pertamanya dengan Haru pada malam itu.

Ciuman pertama Keisuke dengan Haru

Dari konflik pertama ini terlihat bahwa Keisuke masih tetap egois terhadap Haru. Walaupun Keisuke sudah mengatakan perasaanya kepada Haru, tetapi apabila kita melihat pada saat ia menulis status ajaibnya terlihat ia masih sangat bergantung terhadap hal itu dan bukannya membiarkan cerita mereka mengalir tanpa harus menulis status ajaib. Dalam menjalin hubungan penting untuk setiap individu mengetahui dan menyadari apa yang di inginkan pasangannya. Keisuke masih belum mengerti benar apa yang harus dilakukannya untuk membuat Haru bahagia. Sebaliknya Haru justru berusaha untuk mengerti apa yang di inginkan Keisuke. Saya sendiri menilai konflik pertama ini sebenarnya masih menggantung dan belum terselesaikan. Dari sisi cerita sumber konflik ini sebenarnya menarik untuk dikembangkan, dan memang dalam dorama ini konflik pertama antara Keisuke dan Haru masih terus berlanjut menyambung dari konflik sebelumnya.

Keisuke yang masih bersifat ke kanak-kanakan dan egois, masih belum mengerti sebenarnya makna memiliki kekasih. Dimana ia hanya menginginkan apa yang ia mau saja, tanpa memikirkan perasaan pasangannya, Haru. 

Setelah Keisuke menulis di status ajaibnya di konflik pertama, untuk membiarkan Haru melakukan apa yang di inginkannya. Keisuke justru merasa terganggu. Keisuke yang melihat sisi lain yang berbeda lagi dari Haru justru malah tidak bisa menerimanya dengan baik. Keisuke justru cenderung meminta Haru kembali melakukan apa yang dia mau saja tanpa memikirkan perasaan Haru. 

Sisi lain Haru yang muncul setelah Keisuke menulis status saktinya agar Haru melakukan apa yang di ingikan.

 

Sisi lain Haru yang muncul setelah Keisuke menulis status saktinya agar Haru melakukan apa yang di ingikan. Pose tidurnya Hirose Alice yang jarang keliatan. wkwkwkwk

Konflik pun berlanjut, hingga akhirnya Keisuke kembali membuat jarak terhadap Haru hingga puncaknya Keisuke tidak lagi ingin bersama dengan Haru lagi. Namun memang Haru sangat mencintai Keisuke, hingga akhirnya dia memikirkan jalan agar Keisuke bisa bahagia bersama dirinya tanpa harus membuat Keisuke merasa terganggu.

Sifat Haru disini saya acungi jempol, karena cintanya Haru dia sampai-sampai menelan perasaan sakit hatinya karena sikap Keisuke yang masih egois. Haru sebenarnya sangat tersakiti dengan apa yang dilakukan Keisuke terhadap dirinya. Namun perasaan cinta Haru yang begitu besar hingga Haru bisa menerima segalanya dan mencoba membantu Keisuke agar ia bisa bahagia bersamanya. 

Langkah yang di ambil Haru adalah menyelesaikan beberapa masalah yang sedang di hadapi Keisuke, yaitu masalah buku keduanya yang tidak kunjung terwujud karena memang Keisuke belum memulai apa-apa. Haru berkonsultasi dengan Anzai agar Keisuke bisa segera menulis dan menerbitkan bukunya yang kedua dengan judul "Pernikahan - Pacar Khayalan". Sekaligus Haru melamar Keisuke agar mau menikahi dirinya.

Sungguh, nggak habis pikir saya dengan apa yang dilakukan Haru. Bahkan di dunia nyata pun perempuan seperti Haru mungkin tidak akan ada. Haru yang berkorban sedemikian rupa agar Keisuke mencintai dirinya, dan agar Keisuke bisa hidup bahagia dengan dirinya. Namun sayang, semua itu cuman ada di dorama ini. 🙁

Langkah yang di ambil Haru ternyata justru malah membuat Keisuke semakin marah. Karena menurut Keisuke, Haru hanya bertindak sesuai dengan keinginannya sendiri, tidak memikirkan perasaan Keisuke. Hingga terlontar kata-kata yang membuat Haru semakin hancur oleh Keisuke. Keisuke mengatakan ke Haru bahwa, "Kau hanya khayalan, sana menghilang saja!".

Keisuke marah dan melontarkan kata-kata yang sangat menyakitkan.

Setelah kejadian itu, Keisuke benar-benar kehilangan sosok Haru. Sosok Haru yang selama ini menemaninya, kini menghilang. 

Tidak hanya menghilang dengan arti atau makna Haru tidak lagi mengunjungi Keisuke, namun ternyata sosok Haru yang nyata tersebut kemudian juga menghilang dari kehidupan orang-orang disekitar Keisuke. Misalnya Anzai yang tidak pernah bertemu dengan Haru dan mengatakan bahwa Haru memang benar-benar khayalan Keisuke dan juga Yuki yang meng-amini perkataan Anzai bahwa Haru memang hanya seorang pacar khayalan.

Baru disitulah Keisuke merasa kehilangan dan menyadari segalanya. Bahwa selama ini dialah yang egois dan hanya bertingkah seperti apa yang dia inginkan sendiri tanpa memikirkan perasaan Haru. Keisuke yang masih meyakini bahwa sosok Haru memang benar-benar nyata terus mencari bukti keberadaan Haru, namun sayang apa yang ia cari memang sebenarnya sedari awal tidak ada. Dan akhirnya Keisuke pun menyadari bahwa Haru selama ini hidup dengan begitu nyata dalam dunia khayalannya.

Hingga akhirnya dia memutuskan untuk bertemu dengan Haru sekali lagi. Keisuke menyampaikan penyesalannya kepada Haru dengan apa yang sudah di lakukan olehnya kepada Haru. Dan mengatakan bahwa ia senang bisa bersama Haru selama ini. Barulah kemudian sosok Haru yang begitu nyata itu menghilang dari hadapan Keisuke.

Haru menghilang....
Ciuman terakhir Keisuke dengan Haru

Kesimpulan

Sosok Haru yang begitu sempurna tersebut sebenarnya juga masih memiliki kekurangan. Keisuke sebagai pasangannya seharusnya bisa menerima sisi kekurangannya tersebut dan berusaha sebaik mungkin menerima perasaan Haru yang sangat mencintainya. Sosok Keisuke pun yang sebenarnya baik, tidak melulu Keisuke bersikap egois terhadap Haru. Namun sayang dalam cerita ini sosok Keisuke akhirnya hanya menyesal di akhir dan tidak berusaha memperbaiki dirinya selama proses.

Kisah Haru yang begitu mencintai Keisuke, dan Keisuke yang egois dengan keinginnannya terhadap Haru sekiranya bisa dijadikan contoh bagi kita dalam menjalin sebuah hubungan. Kita harus bisa menerima sisi lain yang dimiliki oleh pasangan kita, dan juga tetap percaya terhadap pasangan kita bila dia juga akan menerima sisi lain kita dengan saling melengkapi dan saling mengerti. Niscaya hubungan itu kelak akan terus terjaga.

Penutup

Aaahhh, dorama Mousou Kanojo memang sebenarnya sangat menarik. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dan di terapkan di dunia nyata. Penulisnya begitu mengerti dan menuangkannya dengan begitu baik dalam cerita antara Keisuke dan Haru, walaupun tidak berakhir bahagia namun dorama ini masih memiliki nilai-nilai yang patut di acungi jempol. Saya sendiri menyayangkan kalau dorama ini hanya terdiri dari 4 episode. Sangat singkat, tetapi juga cukup padat.  Overall, dorama ini layak untuk di tonton bagi kamu yang suka dorama dengan genre Komedi Romantis (RomComm). 

Saya menyukai alur cerita dorama ini, namun sayang terkesan dipaksakan di ending ceritanya, karena saya percaya sebenarnya cerita tersebut masih bisa dikembangkan kembali menjadi 10 episode dibandingkan dengan hanya 4 episode yang menurut saya terlalu singkat dengan setumpuk konflik cerita. Karena konflik yang ada di dorama ini umumnya memang terjadi di dunia nyata dan dorama ini mengembangkannya menjadi kisah Keisuke dan Haru dengan begitu baik.

Dengan kekurangan tersebut, apakah saya menyarankan untuk menonton dorama ini? Ya! Saya sangat menyarankan!

Selain dari segi cerita, tema yang di angkat mengenai pacar khayalan seorang jomblo berusia 29 tahun juga sangat menarik. Pemerannya pun memerankan karakter yang ada di dorama ini dengan cukup baik, walaupun ada sedikit keganjilan dari beberapa karakter pendukung seperti Anzai yang kurang memberikan kesan di akhir cerita saat Keisuke menyadari bahwa Haru sebenarnya hanya ada di khayalan Keisuke saja. Namun secara keseluruhan, dari sisi penonton dorama ini cukup menghibur dan banyak pesan yang bisa di ambil. Berikut rating yang saya bisa berikan untuk dorama ini berdasarkan kategori umum.

Rating value:

  • Story: 9.5 dari 10 
  • Act and Cast: 8.5 dari 10
  • Music: 9 dari 10
  • Rewatch value: 10 dari 10
  • Overall: 9.5 dari 10

Sekian dari saya, selamat menonton untuk kamu yang tertarik menonton. Dan selamat menjomblo buat saya, semoga saya bisa menemukan sosok seperti Haru di kemudian hari. Amiiinnn..... 😀

Link Download