Judul Paper

GIS derived spatial analysis as a tool to predict nearshore coral reef fish species presence in American Samoa, 11th Proceedings of Coral Reef Symposium, Florida,  2008

A paper by

Brown, D.P., and G.R. Allen.

Download this paper on:

ReefBase Online Library

Proceedings of the 11th International Coral Reef Symposium, Ft. Lauderdale, Florida, 7-11 July 2008. Vol. 1: 605-608 (Session number 17)

Resumed to Bahasa Indonesia by:

  • Budhi Agung Prasetyo - C552140021
  • Mulkan Nuzapril - C552140031

Purposes:

This journal/paper resumed to Bahasa Indonesia for class discussion on postgraduate Marine Technology, Bogor Agricultural University.

Abstrak

Dinas Taman Nasional Amerika telah melaksanakan inventarisasi terhadap spesies-spesies penting yang ditemukan di dalam garis batas taman nasional Amerika. Hal tersebut merupakan bagian dari program pemantauan dan inventarisasi yang bertujuan untuk pelaksanaan perencanan dan manajemen di semua Taman Nasional di Amerika Serikat. Di Taman Nasional Samoa Amerika, inventarisasi dari perikanan karang tersebut telah menmukan sebanyak 47 spesies baru. Inventarisasi tersebut dilakukan dengan menggunakan peta dasar berbasis SIG dari distribusi geografis ikan laut yang ada, maupun dengan menggunakan prosedur penyelaman SCUBA. Kemudian juga digunakan peta habitat bentik yang kemudian digunakan untuk memprediksi lokasi yang sesuai dengan habitat hidup ikan tersebut. Juga dilakukan survey lapangan untuk memastikan prediksi terhadap spesies tersebut. Dengan menggunakan teknik tersebut di temukan pula 138 spesies tambahan yang di duga berada di Taman Nasional Samoa Amerika. Dari hasil survey lapangan ditemukan 47 spesies baru dimana 37 di antaranya muncul dengan modelling berbasis SIG tersebut.

Resume dalam Bahasa Indonesia