Alert: Terdapat ringkasan cerita yang bersifat spoiler. Pastikan kamu terbiasa dengan spoiler agar tidak kecewa dengan postingan ini. 😛

Weekend beberapa minggu yang lalu, seperti biasa saya selalu mencari dorama Jepang dengan genre Comedy. Sebelumnya saya menemukan dorama Mousou Kanojo (2015) , naah disitulah awalnya saya menemukan Tsuribaka Nisshi (2015). Mencari dorama dengan genre Comedy yang isinya rada konyol ga seperti dorama komedi biasanya emang rada susah, tapi siapa yang sangka kalau coba nyari dorama di listnya Hirose Alice.

Hirose Alice

Ya, saya sebenernya rada penasaran sama Hirose Alice karena Mousou Kanojo tadi. Di dorama itu dia bisa bermain peran yang mungkin tidak terlihat biasa. Maka saya coba cari dorama lain yang diperanin Alice. Nemu deh Tsuribaka Nisshi. hhehe

Tsuribaka Nisshi cover

Tsuribaka Nisshi bercerita tentang seorang karyawan kantoran yang punya hobi memancing. Diperankan oleh Hamada Gaku sebagai Hamasaki Densuke, Hirose Alice sebagai Michiko Kobayashi dan Nishida Toshiyuki sebagai Ichinosuke Suzuki. Berawal dari pertemuan Hamasaki yang baru saja di terima bekerja di perusahaan konstruksi dengan seorang Presiden perusahaan dimana Hamasaki bekerja. Kepribadian Hamasaki yang supel dan mudah dekat dengan orang inilah yang menyebabkan sang Presiden Ichinosuke Suzuki menyukai Hamasaki dan menjadi sahabat memancing dengan mudah.

Hamasaki awalnya tidak mengetahui bahwa Suzuki yang kemudian dipanggil Su-san adalah pimpinan di perusahaan dimana dia bekerja. Hamasaki selalu mengajak Su-san untuk pergi memancing di akhir minggu. Su-san yang awalnya tidak begitu menyukai kegiatan memancing akhirnya menjadi suka dengan hal-hal itu. Su-san kemudian menjadi murid memancingnya Hamasaki. Dari kegiatan memancing itulah Hamasaki kemudian menjadi akrab dengan Su-san sang presiden dari Suzuki Construction.

Cerita mengenai Hamasaki juga tidak hanya seputaran kegiatan memancingnya dengan Su-san. Ada juga cerita romantis dan konyol antara Hamasaki dengan Michiko seorang gadis dari Akita yang pergi ke Tokyo untuk bertemu dengan pacarnya. Mereka berdua pertama kali bertemu saat Michiko datang ke suatu cafe di Tokyo untuk bertemu dengan pacarnya yang sudah lebih dulu pindah ke Tokyo. Namun Michiko baru mengetahui bahwa pacarnya sudah punya perempuan lain dan Michiko kecewa dengan perilaku pacarnya. Kemudian secara tidak disengaja Hamasaki yang juga berada di cafe itu dengan teman kerjanya mendengar percakapan dan melihat perilaku kasar pacar Michiko. Hamasaki yang merasa bahwa seorang perempuan tidak pantas diperlakukan kasar kemudian berusaha untuk memberi saran kepada pacar Michiko.

Namun usaha Hamasaki berakhir pahit, karena ternyata pacar Michiko memang seorang yang kasar dan tidak punya perasaan. Dan karena usaha Hamasaki tersebut, akhirnya Michiko pun di putusin sama pacarnya itu. Kena gampar deh Hamasaki sama Michiko. 😀

Hamasaki mau di gampar sama Michiko

Tak disangka mereka berdua akhirnya bertemu lagi di kedai makan langganan Hamasaki. Michiko sebagai keponakan si pemilik kedai bekerja di kedai tersebut sebagai koki, dengan alasan bahwa Michiko tidak mau kembali lagi ke Akita. Hamasaki bertemu dengan Michiko untuk kedua kalinya, disitu lah awal cerita Hamasaki dengan Michiko. Hamasaki yang selalu berbuat konyol tetapi baik menarik perhatian Michiko. Hamasaki juga selalu pergi ke kedai di akhir minggu seusai memancing dengan Su-san untuk meminta Michiko memasak ikan hasil tangkapan mereka. Michiko yang awalnya keberatan dengan permintaan Hamasaki kemudian menjadi terbiasa untuk memasak di kedai walaupun di hari minggu itu kedai sedang tutup karena Hamasaki sangat menyukai masakan Michiko.

Hamasaki (kiri) dan Su-san (kanan) sehabis pulang memancing bersama dengan pemilik kedai paman Michiko, Heita-san (tengah).
Michiko menyajikan masakannya
Salah satu masakan Michiko dengan menggunakan ikan hasil memancing Hamasaki dan Su-san

Nah, kurang lebih begitulah prolog dan inti cerita dari dorama Tsuribaka Nisshi ini. Hamasaki dengan kepribadian mudah bergaul dan dekat dengan siapa saja menjadikan Hamasaki pusat dari cerita di dorama ini. Cerita mengenai Hamasaki berhasil dikembangkan dengan baik di dorama ini. Kebanyakan ceritanya berasal dari hubungan Hamasaki dengan Su-san, dimana Hamasaki hanya seorang karyawan biasa yang bersahabat dengan Su-san seorang presiden perusahaan Suzuki Corporation yang tidak diketahui oleh orang-orang di perusahaan tersebut. Banyak pula cerita mengenai hubungan romantis antara Hamasaki dengan Michiko. Jadi buat yang suka cerita romantis dorama ini juga layak untuk di tonton.

Michiko dan Hamasaki lagi jadi mata-mata Su-san yang diduga selingkuh dengan perempuan lain selain istrinya.

Dorama ini worth it sekali untuk di tonton, memang walaupun judulnya Tsuri (memancing) tetapi sayang sekali hal-hal teknis mengenai memancing sangat sedikit sekali tampil di semua ceritanya. Jadi buat yang suka memancing atau yang mau belajar mengenai bagaimana cara memancing ikan tidak mendapatkan hal-hal teknis tersebut.

Secara garis besar mungkin cerita Tsuribaka Nisshi ini sederhana sekali. Tidak terlalu kompleks dan semuanya hampir bisa di tebak apa inti cerita dalam setiap episodenya. Namun alur dan kesimpulan dari setiap cerita cukup menarik untuk di ikuti. Tidak terlalu banyak istilah-istilah yang cuman orang Jepang yang tahu, dan semuanya hampir mengenai kehidupan sehari-hari Hamasaki saja.

Ada satu cerita yang membuat saya terkesan dari dorama Tsuribaka Nisshi ini, yaitu mengenai Sasaki-san kepala bagian di kantor Hamasaki. Saat keduanya melakukan medical check-up Hamasaki salah paham mendengar percakapan dokter yang memeriksa Sasaki-san bahwa Sasaki-san hanya memiliki sisa waktu 6 bulan untuk hidup karena sakit perut yang dideritanya. Kembali lagi, karena Hamasaki adalah orang yang kelewat baik dan ditambah kesalah pahamannya Hamasaki, dia berusaha untuk memberi semangat Sasaki-san dengan melakukan hal-hal yang ingin dilakukan Sasaki-san sebelum meninggal.

Sasaki-san yang hopeless setelah ikut-ikutan salah paham mengenai umurnya yang tinggal 6 bulan.

Di cerita itu Hamasaki berdua dengan Sasaki-san menjalani list 10 keinginan terakhir Sasaki-san. Mulai dari ngabisin uang buat beli lotere hingga minum-minum di club kabaret. Hamasaki yang punya kepribadian aneh tersebut berusaha sebaik mungkin membantu Sasaki-san menghabiskan sisa hidupnya dengan penuh makna (walaupun sebenernya agak aneh sih hahaha).

Itu salah satu cerita yang berkesan buat saya dari Tsuribaka Nisshi.

Selebihnya silahkan tonton sendiri doramanya. Saya merekomendasikan buat kamu yang suka komedi ringan untuk hiburan di akhir hari.

Informasi: Dorama ini sekarang mendapatkan season ke dua nya, sekedar informasi untuk season keduanya kemungkinan akan tayang tahun ini sekitar bulan April di TV Tokyo. Untuk season kedua ini ceritanya bertambah menarik, dari info yang saya dapat bahwa ini drama Renzoku (ber-seri) tetapi ada juga kemungkinan hanya Tanpatsu (special 1 episode). Ada karakter baru yang akan tampil dimana memiliki hubungan dengan Hamasaki di masa lalu (katanya sih mantannya Hamasaki) bernama Yajima Aki yang diperankan oleh Higa Manami. Weleeehhh Higa Manami kan katanya kembaran Hirose Alice (bukan saudara) selain adiknya Alice, Hirose Suzu.

Hamada Gaku, Higa Manami, Nishida Toshiyuki dalam drama Tsuribaka Nisshi season 2
Cast Tsuribaka Nisshi Season 2

Berikut ini sedikit previewnya untuk season 2:

Nah tunggu apalagi, kalau kamu mau segera menonton kamu bisa cari di Google link downloadnya atau buka GoldenChoco Board buat download dari SolidFiles.

Rating value:

  • Story: 8.5 dari 10
  • Act and Cast: 7 dari 10
  • Music: 7.5 dari 10
  • Rewatch value: 9 dari 10
  • Overall: 8 dari 10

Rekomendasi: Wajib tonton!

Sekian dari saya, semoga reviewnya bermanfaat buat yang lagi mencari hiburan dorama Jepang, lain kali kalau ada dorama bagus mungkin saya akan menulis review seperti ini lagi. Terima kasih.