Pertemuan Minggu 9

Perbedaan Topik, Tema, dan Judul

Apa itu Topik, Tema, dan Judul

Topik

Menurut KBBI arti kata topik adalah pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, karangan, dan sebagainya; bahan diskusi. Topik berasal dari bahasa Yunani, yaitu topoi yang artinya inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Dari kedua definisi di atas, kita dapat melihat adanya persamaan  arti dari topik yaitu pokok pembicaraan atau secara bebas dapat juga kita artikan sebagai permasalahan yang dibahas atau diuraikan. Cakupan topik lebih terbatas dibandingkan tema, namun tidak juga terlalu sempit seperti judul.

Tema

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pokok pikiran berarti dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya). Sedangkan secara etimologis, kata “tema” berasal dari bahasa Yunani yaitu tithenai yang berarti sesuatu yang telah diuraikan. Melihat kedua definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tema ini bersifat umum dan luas karena tema masih berupa dasar cerita yang perlu diuraikan lagi.  Tema yang bersifat luas ini dapat dipersempit dengan adanya topik.

Judul

Menurut KBBI judul adalah  nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab itu. Selain itu judul juga berarti kepala karangan (cerita, drama, dan sebagainya) atau disebut juga tajuk. Dari pengertian KBBI tersebut, dapat dikatakan bahwa judul merupakan cerminan mengenai suatu permasalahan yang diangkat dalam sebuah tulisan secara cepat. Letaknya berada paling awal sebuah karangan sehingga disebut sebagai kepala karangan. Ciri khas yang membedakan judul dengan tema dan topik adalah fungsinya sebagai penarik minat pembaca. Judul yang baik akan menarik pembaca dan dapat menimbulkan keingintahuan pembaca tentang isi atau permasalahan yang dibahas. Judul memiliki cakupan yang lebih sempit dan spesifik. Di dalam judul juga menyiratkan suatu tema dan topik.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai tema, topik, dan judul, dapat melihat contoh sebagai berikut

  1. Tema : Kebersihan Lingkungan (cakupan lebih luas dari topik)
  2. Topik   : Kebersihan Sekolah (cakupan lebih luas dari judul)
  3. Judul   : Membudayakan “Tertib Piket“ untuk  Kebersihan Sekolah (cakupan sempit)

Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dari sebuah tema dapat diperinci menjadi beberapa topik, sedangkan dari sebuah topik dapat diperinci  menjadi beberapa judul. Contohnya, dari tema Kebersihan Lingkungan, dapat diperinci lagi menjadi Kebersihan Rumah selain Kebersihan Sekolah. Topik Kebersihan Sekolah juga dapat dibuat judul lain seperti “Menumbuhkan Kesadaran Warga Sekolah untuk Hidup Bersih”.

Tugas 3

Buatlah 3 Topik, Tema, dan Judul yang bisa di ajukan dalam mini riset.

Ketentuan Umum!

Tolong dibaca dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan dalam pengumpulan tugas ini!

  1. Tulislah 3 Topik, Tema, dan Judul yang bisa di ajukan dalam mini riset kalian. Pastikan Topik, Tema, dan Judul yang kalian pilih memungkinkan untuk dilakukan penelitian.
  2. Tuliskan Topik, Tema, dan Judul milik kalian dengan menggunakan template yang bisa diunduh dari laman ini.
  3. Tautan tersebut dilindungi kata kunci dan akan habis masa berlakunya pada tanggal 1 April 2019 (Password: ttkitpb30)
  4. Setelah dikerjakan tugas dalam bentuk Word diberi nama file: NamaKelompok_TTKI_TPB30.docx
  5. Unggah tugas tersebut dengan menggunakan tombol dibawah ini.

Tautan

Tautan Unduh Template
Tautan Unggah Tugas

Topik, Tema, Judul

Terpilih oleh Dosen

Perhatikan!

Topik, Tema, dan Judul sudah di pilih dan diberikan komentar oleh dosen, kemudian dilaksanakan dalam mini riset. Saya sudah memberikan komentar untuk Topik, Tema, dan Judul yang terpilih. Kalian bisa menyanggah komentar yang saya berikan selama pembimbingan dengan saya di ruangan Program Studi Sains Lingkungan Kelautan pada hari Senin hingga Rabu di Jam Kerja.

Untuk memunculkan komentar pada Microsoft Word silahkan acu pada langkah-langkah pada tautan ini: https://support.microsoft.com/id-id/help/286169/frequently-asked-questions-about-the-comments-feature-in-word

Seperti yang sudah saya sampaikan dalam pertemuan sebelumnya. Tolong susun kerangka penelitian sesuai dengan Topik, Tema dan Judul yang terpilih dan coba susun Bab 1 meliputi latar belakang penelitian, perumusan masalah, metode, ruang lingkup penelitian, dan tujuan penelitian. Susun kerangka penelitian dengan mengacu kepada kerangka skripsi Institut Pertanian Bogor!

Ketentuan pengumpulan tugas Kerangka Karangan dan Bab 1

Perhatikan sekali lagi, jangan sampai ada kesalahan dalam pengumpulan tugas ini!

  1. Unduh Topik, Tema dan Judul yang sudah dipilihkan dosen dari tautan unduh dibawah ini;
  2. Tautan unduh akan habis masa berlakuknya pada tanggal 10 April 2019!;
  3. Buatkan kerangka karangan dan coba susun Bab 1 untuk Judul tersebut! Jadikan satu file dengan format .docx dengan format nama arsipnya menggunakan nama buah sesuai dengan kelompok masing-masing;
  4. Lakukan pembimbingan apabila anda merasa masih kurang paham mengenai komentar yang diberikan. Lakukan pembimbingan hanya di hari kerja (Senin-Rabu [jam 09.00-16.30], Kamis [jam 15.00-16.30], Jumat [jam 14.00-17.00]), dan sebelum pembimbingan buatlah janji terlebih dahulu;
  5. Unggah tugas ini sebelum tanggal 10 April 2019!